Rafflesia arnoldi Mekar di Surabaya

Kuncup Rafflesia arnoldii terpantau siap mekar di titik tumbuhnya di hutan lindung Bukit Daun, Kepahiang, Bengkulu, Selasa (16/2). Kuncup itu aman karena dijaga dan diawasi oleh Tim Peduli Puspa Langka (TPPL). Sejak 2000 sampai saat ini TPPL sudah menjaga dan memelihara 21 titik tumbuh bunga langka berdiameter hingga satu meter di hutan lindung tersebut. Penjagaan dan pemeliharaan dilakukan karena saat ini habitat bunga raksasa itu semakin rusak. TPPL ingin bunga tersebut bisa berkembang baik sehingga bisa dilihat dan dinikmati setiap orang.

Bunga Rafflesia arnoldi ditemukan warga di sekitar area pertambakan Jalan Bandarejo, Surabaya, Jawa Timur. Bunga tersebut ditemukan Abdul Hamid (30) saat ketika membersihkan tambak miliknya pada awal Desember 2011.

“Saya tidak tahu kalau itu bunga langka. Awalnya saya kira tunasnya pohon pisang karena letaknya persis berada di dekat (pohon) pisang,” ujar Abdul, Senin (19/12/2011).

Saat ditemukan, bunga masih berukuran kecil. Menyaksikan bunga mulai membesar, Abdul pun menanyakan pada tetangga. Akhirnya, Abdul mengetahui bahwa bunga itu Rafflesia arnoldi.

Rachman, warga lain, mengaku heran dengan tumbuhnya bunga tersebut. Sebab lokasi tempat tumbuhnya bunga raksasa itu liar dan berada di tengah area tambak.

Ia juga mengaku heran karena bunga yang dikenal dengan sebutan bunga bangkai tersebut tidak menimbulkan bau. Rachman mengatakan, hingga kini bunga tersebut masih tumbuh namun semakin layu sehingga ia menganggap bahwa bunga akan segera mati.

 

sumber

By ahmad rizal samsi Posted in Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s