Bulan ‘Berduet’ dengan Dua Planet Malam Ini

Bulan tampak berduet dengan Mars dan Saturnus, Selasa (20/12/2011) dini hari.

Malam ini, Bulan muda akan berduet dengan dua planet, Mars dan Saturnus. Indonesia berpeluang menyaksikannya jika langit cerah. Bulan akan tampak sebagai sabit warna putih, Mars akan tampak kemerahan dan Saturnus akan tampak sebagai titik cahaya kecil. Ketiganya akan terbit dari ufuk timur. Mars akan mulai terlihat sejak Senin (19/11/2011) pukul 23.20 WIB. Sementara itu, Saturnus akan mulai terlihgat Selasa (20/11/2011) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Waktu terbaik untuk melihat duet Bulan dengan dua planet itu adalah sekitar pukul 02.30 dengan melihat ke arah timur atas. Mars akan tampak paling tinggi, diikuti dengan Bulan dan Saturnus.  Untuk melihatnya, akan lebih baik menggunakan teleskop. Mars menyala merah dengan magnitud 0,44. Sementara itu, saturnus tampak lebih redup dengan magnitud 1,30.

Cobalah mencari lokasi yang cukup gelap, minim polusi cahaya, sehingga pengamatan bisa maksimal. Dengan teleskop, cincin seksi di Saturnus mungkin juga bisa terlihat.  Tampaknya dua planet itu malam ini bukan yang pertama. Saturnus dan Mars telah bisa dinikmati sejak terjadinya Gerhana Bulan Total pada Sabtu (10/12/2011) lalu.

Yang menarik, kian hari, Mars akan tampak kian terang. Planet ini akan terus bergerak mendekati Bumi sekitar 1.370.000 kilometer lebih dekat per hari. Jadi, Mars juga masih bisa disaksikan esok malam. Puncaknya 5 Maret 2012 mendatang, Mars mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi. Saat itu, Mars akan tampak dengan magnitud -1,23, jauh lebih terang dari malam ini. Selain itu, Mars juga sudah terbit sejak pukul 19.30.

Sembari menunggu momen istimewa itu, saksikan dulu duet Bulan, Mars dan Saturnus. Jika beruntung melihat, satu lagi planet, Merkurius, akan menyemarakkan duet saat terbit pukul 04.00 WIB.

Siap menyaksikannya?

 

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s