Patung Kuno Berusia 6000 Tahun Ditemukan di Perancis

Patung Lady of Villers-Carbonnel

Patung Dewi berusia 6000 tahun ditemukan di Perancis bagian utara. Patung itu disebut ‘Lady of Villers-Carbonnel’ dan diduga berkaitan dengan pemujaan pada Dewi Kesuburan.

Menurut arkeolog yang menemukan patung tersebut, patung itu memiliki tinggi sekitar 20 sentimeter dan terbuat dari tanah liat. Jika dilihat sekilas, patung merepresentasikan wanita bertubuh gemuk dan pendek.

Penemuan ini mengejutkan, sebab patung kuno tak biasa ditemukan di Perancis bagian utara. Selain itu, patung diduga pernah dibakar antara tahun 4300 – 3600 SM, namun tetap utuh.

Patung kuno tersebut, seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (10/12/2011), ditemukan ketika para arkeolog tengah menggali wilayah Villers-Carbonnell, dekat Sungai Somme.

Francoise Bostyn, sang penemu, mengatakan, “Patung ini sangat menawan dan terawetkan dengan baik. Kita kadang menemukan fragmen patung serupa tapi tidak lengkap.”

Bostyn mengatakan, patung yang ditemukan hampir sama dengan patung yang ditemukan di Timur Tengah dari periode yang sama. Figur patung yang pendek dan gemuk menjadi representasi berbeda dari tentang konsep kecantikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s