Ratusan Koleksi Batu Bulan Hilang

Ratusan batu bulan dan koleksi benda angkasa lainnya milik NASA hilang. Demikian disampaikan oleh Inspektur Jenderal NASA, Paul Martin, Kamis (8/12/2011).

“Berdasarkan rekaman data NASA, 517 astromaterial hilang atau dicuri antara tahun 1970 hingga 2010,” kata Martin seperti dikutip AFP, kemarin.

Astromaterial itu meliputi batu dan tanah Bulan, meteorit dari asteroid, Mars dan Bulan, ion dari bagian luar Matahari, debu dari komet dan angkasa, serta debu kosmos di stratosfer.

“Sampel ini meliputi sumber yang sangat terbatas yang juga penting untuk kepentingan riset dan pendidikan,” imbuh Martin.

Astromaterial itu mulanya dipinjamkan pada peneliti, tetapi banyak yang akhirnya tidak menggunakannya. Tidak diungkapkan apakah memang peneliti peminjam yang mencuri bahan langka itu.

“Secara spesifik, kami menemukan bahwa data NASA tidak akurat, dan bahwa peneliti tidak bisa menjelaskan di mana material langka itu serta meminjam dalam waktu lama tanpa melakukan penelitian,” jelas Martin.

Sampai bulan Maret lalu, tercatat bahwa NASA memiliki 26.000 koleksi material langka yang dipinjamkan. Sementara total koleksi yang dimiliki terdiri dari 140.000 batu bulan, 18.000 meteorit, serta 5.000 angin Matahari, komet, dan debu kosmos.

Laporan hilangnya koleksi langka ini bukan yang pertama. Tahun 2002, 218 astromaterial pernah dicuri dari Johnson Space Center di Houston, AS. Namun, koleksi itu dikembalikan.

Di awal tahun ini, secara mengejutkan juga ditemukan astromaterial di dalam kotak data dan memorabilia milik mantan Presiden Bill Clinton. Astromaterial itu ditemukan di perpustakaan Arkansas.

NASA meminta para peneliti yang tidak menggunakan astromaterial untuk mengembalikan dan berjanji akan memberikan rekomendasi baru dalam sembilan bulan.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s